Bagi orangtua yang mampu secara Finansial maka memberikan pendidikan terbaik bagi anak nya dengan mencarikan lembaga pendidikan terbaik lalu mencukupi kebutuhan anak selama di lembaga Pendidikan, memikirkan kebutuhan lembaga pendidikan, memikirkan kebutuhan para pendidiknya itu bagian dari tugas orangtua.

Akan tetapi apabila orangtua tidak mampu secara finansial, bukan berarti tidak ada peluang untuk berjuang agar memiliki anak yang Sholeh dan Sholehah justru proses perjuangan bukan hanya sebatas dengan memberikan finansial terbaik atau memenuhi kebutuhan finansial, mencari lembaga pendidikan yang terbaik untuk anak nya ,berusaha mendatangi lembaga pendidikan untuk meminta dispensasi, meminta keringan melakukan komunikasi, mendoakan anak nya, mendo’akan penyelenggara dan para pendidik nya.

Jadi bentuk usaha secara fisik merupakan bagian daripada proses atau cara orangtua bertanggung jawab memberikan pendidikan yang terbaik bagi anak nya, yang mana anak adalah titipan dari Allah, dan agar anak nya menjadi anak yang Sholeh dan Sholehah sebagai Investasi Orangtua di Akhirat.

================
Perjuangan orangtua yang terbatas secara finansial dalam mendidik anak dengan :
1. Mendo’akan anak setiap saat
2. Mendo’akan lembaga tempat dia belajar
3. Mendo’akan para pendidik yang mengajar
4. Meyakinkan anak untuk berjuang mencari ilmu
5. Mencarikan Lembaga Pendidikan terbaik
6. Melakukan Komunikasi kepada penyelenggara atau lembaga pendidikan untuk meminta beasiswa/dispensasi/keringanan.
7. Meyakinkan lembaga pendidikan bahwa kenginan menyekolahkan anaknya atas dasar tanggung jawab dan siap membayar biaya pendidikan sesuai dengan kemampuan.

Langkah kaki orangtua dalam upaya mencari lembaga pendidikan terbaik bagi anak nya disaat kondisi finansial yang tidak baik adalah jihad dijalan Allah

By. Ust Adang Nurdin